Setel Klep Yamaha Byson

“Keluar dari pabrik, ternyata belum tentu setelan mesin sesuai yang kita pengin. Misal soal setelan klep. Namanya juga nyetel ribuan unit, bukan tidak mungkin ada setelan yang masih belum optimal. Apalagi setelah motor digunakan. Jadi, usah ragu bila ingin mengecek ulang setelan klep.

Contoh pada Yamaha Byson yang belum lama nongol. “Putaran mesin yang sering dipanteng tinggi juga bisa bikin celah klep gampang berubah. Saat hendak menyetel ulang, pastikan suhu mesin dingin dulu supaya hasil setelan belum terpengaruh pemuaian mesin,” wanti Ari Tristianto, pemilik bengkel Dinamika Motor Sport (DMS) di Jl. Jatikramat No.53H, Bekasi ini.

Sesuai buku servisnya, setelan klep yang direkomendasikan untuk katup masuk 0,10 mm sedang katup buang 0,12 mm. Untuk proses penyetelan, mula-mula harus bongkar jok berikut side cover pakai obeng plus (+) dan sebagian lagi kunci L yang sudah tersedia di tool kit standar. Lalu, copot 2 buah baut 12 mm untuk fairing depan dan 2 buah sekrup dengan obeng (+).

Jika sudah, sisanya tinggal lepas slang PCV (Positive Crankcase Ventilation) pakai tang, copot tutup busi sekalian businya. Lalu buka 5 buah baut tutup kepala silinder masih menggunakan kunci L (gbr.1). Kelar itu lepas klem plastik penutup baut kruk as dengan obeng (-) berikut indikator posisi TOP di sisi kiri mesin.

“Cari posisi TOP terlebih dulu dengan memutar kruk as sampai garis pada lubang indikator terlihat (gbr.2),” bilang Ari Kupret, panggilan akrabnya. Gunakan kunci T ukuran 14 mm untuk memutar baut kruk as. Bila posisi TOP sudah didapat, baru deh setel klepnya. Gunakan fuller dan kunci pas 10 mm untuk melonggarkan mur pengunci setelan (gbr.3).

Atur kekencangan klep menggunakan kunci kotak yang biasa dipakai untuk menyetel klep. Posisikan fuller dan rasakan fuller sudah terasa seret. “Indikatornya rasakan kalau fuller terasa seret waktu ditarik, tapi masih bisa didorong tanpa membengkokkan fuller,” terang warga daerah Jatiasih, Bekasi ini.

Namun usai setel klep selesai dilakukan, jangan lupa mengatur ulang setelan angin di karburator saat mesin sudah mencapai suhu kerja ideal supaya perbandingan komposisi udara dan bensin yang masuk lebih pas…..

Ditulis dengan WordPress untuk Blackberry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: