Kenali, Pahami dan Rawat, Biar Nggak Bikin Gawat

BAN bagi sepeda motor, tak ubahnya seperti kaki manusia. Perlu dijaga, dirawat dan diperhatikan. Mengenalinya lebih dalam, berarti menjaga usia pakainya lebih lama. Berikut beberapa tips untuk mengenali tabiat ban dan berkendara hingga cara mengantisipasinya. Lets share!

1. Suhu dan Cuaca

Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga mempengaruhi keawetan ban. Nah lo, apa-apaan ini? Betul mas bro. Kondisi jalan yang panas saat kemarau, menyebabkan usia ban bertambah lebih pendek dibandingkan musim hujan. Secara, panas bertemu dengan putaran ban yang juga panas, mengakibatkan ban cepat aus.

2. Tabiat Berkendara

Cara mengemudi juga mempengaruhi keawetan ban. Perhatikan deh saat mengerem mendadak. Secara otomatis traksi ban akan bekerja keras menahan laju motor. Akibatnya ban jadi cepat botak, dan mengakibatkan permukaan ban menjadi bergelombang.

3. Waspadai Ban Abnormal

Periksalah apakah tekanan ban sudah benar? Terutama jika telapak atau tread ban sudah aus. Sebab, kondisi ini menyebabkan ban akan mudah tertusuk benda-benda tajam alias mudah bocor. Untuk itu, tekanan ban harus disetel sesuai dengan berat beban

3. Jika Ban Berputar Tidak Teratur

Biasanya terjadi jika motor membawa muatan berat, dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Untuk itu, berhentilah sejenak. Kemudian periksalah putarannya apakah seimbang? Caranya periksa jari-jarinya (jika motor bradercis menggunakan jari-jari). Pastikan jari-jari kencang dan jari-jari tidak oblak (goyang).

Kenali, Fahami dan Rawat, Biar Nggak Bikin Gawat 4. Cek Tekanan Angin

Periksalah secara rutin tekanan angin (setiap hari), terutama saat udara dingin. Samakan tekanan angin ban depan-belakang. Karena jika tidak seimbang, sangat berbahaya berbahaya dikendarai, terutama untuk mengerem.

5. Ganti Ban

Gantilah ban setelah digunakan 10.000 km. Ini untuk menjaga kelancaran berkendara. Jangan paksakan dengan kondisi ban botak untuk bepergian jauh. Karena bukan hanya berbahaya bagi diri sendiri, tapi juga bagi pengguna jalan lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: