Kode Ketika Turing

Kode Tangan, Kode Kaki dan Kode Darurat Ketika Turing

kode turing

1. KLAKSON

o Kondisi Darurat : Bunyikan klakson panjang tanpa henti dan diikuti oleh kawan-kawan yang lain agar petugas bisa menghentikan rombongan.

o Warning : Bunyikan klakson 2x sebanyak 3 kali berturut-turut. Digunakan kala kendaraan kawan didepan ada kerusakan/tidak beres. Contoh, barang bawaan miring, bracket box patah, ban kempes dll.

o Stop and Go : Bunyikan klakson 3x sebanyak 2 kali dimulai dari barisan paling belakang dan disusul kawan didepannya sampai kepada RC, sebagai penanda rombongan akan berjalan dari kondisi berhenti.

2. HAND CODE

o Tangan Kiri terkepal diatas helm dengan jempol menghadap kebawah : Kode emergency dengan kendaraannya atau kondisi emergency lainnya. Wajib direspon petugas atau kawan dibelakangnya dengan klakson panjang.

o Tangan kiri/kanan direntangkan sudut 45 derajat disamping badan dengan posisi telapak menghadap kebelakang : Ada handicap berupa orang/kendaraan berhenti di sisi kanan/kiri.

o Tangan Kiri/Kanan direntangkan sudut 45 derajat memberikan tanda jempol : Kondisi sudah OK dan bisa dilanjutkan.

o Tangan Kiri diangkat lurus keatas dengan jari telunjuk diacungkan (satu jari) : Barisan satu berbanjar kebelakang dengan posisi zig zag, dimulai dengan anggota terdepan dibelakang RC mengambil posisi sebelah kiri belakang RC, kedua di sebelah kanan belakang anggota pertama dan seterusnya dengan jarak lebar kira2 sebatas bahu kiri & kanan RC/anggota depannya.

o Tangan Kiri diangkat lurus keatas dengan jari telunjuk & jari tengah / jari telunjuk & jari kelingking (dua jari) diacungkan : Barisan berbaris sejajar 2 berbanjar kebelakang. (khusus digunakan untuk konvoi dalam kota/kondisi jalan padat agar rombongan tidak terpencar serta pada saat masuk kesebuah lokasi)

o Tangan kiri diatas helm melakukan gerakan melingkar : Rombongan berputar arah.

o Tangan kiri diangkat ditekuk sebatas kuping dengan telapak tangan mengepal : Rombongan berhenti (lampu merah)

o Tangan kiri diangkat lurus keatas, diayunkan kedepan dengan telapak tangan terbuka : Rombongan berjalan kembali.

o Tangan kiri diangkat lurus keatas, telapak tangan terbuka menghadap kekuping dan diayunkan keluar-kedalam : Rombongan satu banjar kebelakang merapat satu baris dari posisi zig zag. Biasanya kode ini dilakukan pertama oleh RC bila rombongan akan menyusul kendaraan atau jalanan sempit/gang.

3. FOOT CODE

o Kaki Kiri direntangkan 45 derajat disisi kanan/kiri : ada handicap/halangan dijalan berupa lubang atau con atau pembatas jalan dan lain2 yang berupa benda mati.

o Kaki Kanan & Kiri direntangkan bersamaan sudut 45 derajat : Ada polisi tidur atau genangan air atau jalanan rusak berlubang2 didepan.

Notes : Kode klakson bisa digantikan oleh lampu DIM/hand code jika klakson tidak berfungsi. Harap anggota rombongan didepannya merespon jika melihat kawan dibelakang memberikan lampu dim berkali-kali dari kaca spion dengan klakson atau hand code.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: